Cara Mengatasi Laptop Lemot Terampun Dan Terbaru

Laptop yang lemot tidak lagi dialami oleh laptop yang sudah tua. Namun laptop yang masihpun berlabel baru dapat mengalami lemban dalam menjalankan program maupun sebagainya. Penggunaan dan penaganan juga ikut berpengaruh untuk keoptimalan kinerja laptop. Kinerja dan kecepata laptop tidak sama dengan PC walaupun memiliki spesifikasi yang sama. Untuk itu merawat laptop merupakan hal yang penting yang harus dilakukan agar laptop dapat digunakan dan memiliki kinerja yang optimal sehingga umurnya akan semakin panjang.



Penyebab Laptop Lambat/Lemot

Penyebab laptop menjadi lambat dan lemot ada banyak. Disini saya akan menjelaskan tentang kondisi yang kebanyakan orang mengalaminya. Adalah terlalu banyak program yang terinstal. Program yang terinstal dapat dilihat di control panel apakah menrut Anda program yang terinstal di komputer Anda banyak dan ada yang tidak diperlukan maka segera hapuslah/uninstal. Maka dengan cara itu akan sedikit mempercepat laptop Anda. Dan juga yang paling umum lagi ada Hard Disk yang penuh. Saya sarankan untuk menguranginya dengan memindahkan data pada laptop ke hard disk eksternal atau lain sebagainya karena saat ini sudah banyak memori eksternal yang dapat menyimpan data dengan kapasitas besar, manfaatkanlah itu untuk mempercepat laptop Anda. Dan yang ketiga yang paling sering terjadi adalah virus. Sering sekali laptop yang kedatangan virus yang menetap dan sulit untuk dihapus laptop tersebut menjadi lemot, kenapa? karena sifatnya virus adalah bekerja di dekstop, sehingga akan memakan ram yang seharusnya digunakan untuk mengoptimalkan laptop malah digunakan untuk virus yang bekerja. Saran saya ketika laptop Anda terserang virus yang memang sulit untuk dihilangkan adalah menginstal ulang laptop Anda. Karena dihawatirkan apabila menggunakan aplikasi yang tidak jelas akan berdampat pada data Anda juga ikut terhapus. Untuk itu mengintal ulang adalah solusinya. Data akan aman kecuali di program(c) yang nantinya akan diformat untuk instalasi windows baru.

Tips Mengatasi Laptop Lemot :

Menggunakan disk defragment adalah cara yang sering dilakukan dan berdampak positif sehingga laptop akan cenderung lebih cepat dibanding sebelumnya.
Caranya adalah sebagai berikut (saya merekomendasikan menggunakan sistem operasi windows 10) :
  1. Masuk ke start dan langsung ketikkan defragment
  2. Kemudian akan tampil box disk defragment
  3. Langkah selanjutnya adalah klik optimized
  4. Tunggu samapi proses selesai dan lakukanlah pada drive yang lain (d) (e) menyesuaikan dengan keadaan partition laptop Anda.
  5. Proses optimized sudah selesai.
Apabila semua sudah dijalankan dengan baik dan benar maka kinerja laptop Anda akan lebih cepat deibanding sebelumnya.

Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Laptop Lemot Terampun Dan Terbaru

1 komentar:

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    ReplyDelete