Komputer dengan Kecepatan Super Di Dunia, Komputer Tercanggih 2016

Sejarah perkembangan komputer mulai dari komputer pertama di dunia hingga pada tahun ini komputer mempunyai berbagai banyak jenisnya. Memang pada dasarnya setiap komputer yang terdapat di rumah rumah memiliki kecepatan yang hampir sama. Namun berbeda dengan komputer komputer yang akan saya bahas di bawah ini. Kemampuan yang tinggi juga akumulasinya yang menjadikan beberapa komputer dibawah ini menjadi komputer tercanggih di dunia. Beberapa komputer tercanggih tersebut pada umumnya harus memiliki tempat yang luas karena ukurannya yang besar. Namun itu sangat sebanding dengan apa yang dilakukan oleh komputer itu.


Perusahaan-perusahaan komputer di dunia banyak yang mencoba membuat komputer dengan kecepatan yang tinggi. Mereka bersaing untuk mendapatkan kedudukan dan nama yang baik di kalangan masyarakat. Dengan persaingan tersebut maka terciptanya komputer yang memiliki spesifikasi dewa. haha.. Artinya memiliki spesifikasi yang tinggi di bandingkan komputer pada umumnya, Berikut ini Daftar Komputer Tercanggih Di Dunia.
  1. Komputer Mira
    MIRA merupakan super komputer yang dikembangkan oleh Department of Energy milik Argonne National Laboratory, di AS. MIRA dibuat untuk menunjang riset sains dan eksplorasi energi untuk masa depan. Jenis sistem yang bekerja pada super komputer ini adalah SuperMira – BlueGene/Q, Power BQC 16C 1.60GHz, Custom, IBM. MIRA menggunakan 786.432 inti (core), dengan kecepatan akses yang dapat mencapai 10.066 petaflop/s. Untuk mengoperasikan MIRA membutuhkan daya listrik sebesar 12.660 kW.
  2. Thianhe-2

    Super komputer Thianhe-2 merupakan super komputer generasi kedua yang dikembangkan National University of Defense Technology, di China. Sistem yang bekerja pada superkomputer ini adalah Tianhe-2 atau (MilkyWay-2) – TH-IVB-FEP Cluster, Intel Xeon E5-2692 12C 2.200GHz, TH Express-2, Intel Xeon Phi 31S1P, NUDT. Thianhe menggunakan 3.120.000 inti (core), dengan kecepatan akses 54.902 petaflop/s.Untuk mengoperasikan Thianhe generasi II membutuhkan daya 17.808 kW. komputer ini sangat layak untuk mendapat julukan salah satu komputer tercepat dan tercanggih di dunia.
  3. Shaheen

    Shaheen merupakan superkomputer yang dikembangkan oleh King Abdullah University of Science and Technology, yang terdapat di Saudi Arabia. Shabeen ini dibuat untuk menunjang riset sains yang dilakukan negara arab saudi. Sistem yang bekerja pada super komputer ini adalah Shaheen II – Cray XC40, Xeon E5-2698v3 16C 2.3GHz, Aries interconnect, Cray Inc.. Shaheen menggunakan 196.600 inti (core), dengan kecepatan akses 7.235 petaflop/s.Untuk mengoperasikan Shaheen membutuhkan daya 2.834 kW.
  4. Stampede

    Stampede merupakan super komputer yang telah dikembangkan oleh Texas Advanced Computing Center, University of Texas, AS. Komputer Stampede ini dibuat untuk menunjang riset komputerisasi amerika serikat (AS). Sistem yang bekerja pada superkomputer ini adalah sistem PStampede – PowerEdge C8220, Xeon E5-2680 8C 2.700GHz, Infiniband FDR, Intel Xeon Phi SE10P, Dell. Stampede menggunakan 462.462 inti (core), dengan kecepatan akses 8.520.1 petaflop/s.Untuk mengoperasikan Shaheen membutuhkan daya cukup besar sekitar 4.510 kW.

Sekian artikel dari saya tentang beberapa komputer yang dapat dikatakan sebagai komputer tercanggih di dunia dan yang mempunyai spesifikasi tertinggi di dunia. Semoga artikel dapat bermanfaat untuk informasi. Terutama indonesia agar melihat yang mempunyai tekat untuk memajukan teknologi yang sudah tertinggal sejak lama dengan negara negara aju.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komputer dengan Kecepatan Super Di Dunia, Komputer Tercanggih 2016

0 komentar:

Post a Comment