Belajar Coding C++, Perulangan, Modular


Hai temen-temen. Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah pembelajaran tentang program c++. Bagi kalian yang berstatus sekolah di perguruan tinggi fakultas berlandaskan informatika pasti sudah tidak asing lagi. Oke saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat perulangan dan modular dengan c++. Saya akan menejelaskannya secara detail sedetail-detailnya supaya  anda dapat memahaminya, berhubung saya juga bersekolah di dunia informatika dan ini juga merupakan tugas dari dosen mata kuliah pemrograman terstruktur.

Langsung saja, pertama yang harus diperhatikan adalah fungsi-fungsi yang terdapat pada c++. Disini saya mensimulasikan menggunakan mingw. Mingw yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membuat output program berbasis c++.


  1. Membuat perulangan dengan c++
    Ada banyak metode perulangan, diantaranya menggunakan teknik for,while, dan while do. Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu mulai dari while

    Metode for:

    metode ini sering digunakan karena sangat mudah memahaminya dan hanya menggunakan skrip simpel. Dibawah ini adalah contoh koding perulangan menggunakan metode for:
    Contoh:


    Metode perulangan dengan while:
    Metode ini hampir sama fungsinya dengan menggunakan for namun untuk penempatannya yang berbeda. Berikut contoh penggunaan for
    Contoh:


    Metode menggunakan do while:
    Metode while do sangat berbeda dengan metode yang sudah saya jelaskan diatas, Metode ini dapat berkerja + karena dalam menentukan titik true maupun false dapat kita sesuaikan sendiri supaya jika inputan yang dimasukkan tidak benar atau false maka akan muncul form inputan lagi sampai user yang menginputkan bernilai benar. Itu merupakan contoh penerapan metode while do.
    Contoh:
  2. Membuat fungsi/modular/function pada modular.Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menuliskan modular pada program c++. Berikut ini adalah contoh deklarasi modular:


    Ada dua macam penulisan modular fungsi yaitu dengan void dan non void. Saya akan menjelaskan tentang non void terlebih sahulu.

    Metode Non Void:Merupakan penulisan dengan fungsi dengan menggunakan return sehingga apabila fungsi tersebut dipanggil maka akan secara otomatis sudah memiliki nilai.
    Contoh:



    Metode Void:
    Yaitu fungsi dengan menggunakan parameter aktual sehingga waktu fungsi tersebut dipanggil maka tidak secara otomatis memiliki nilai tampa dipanggil dengan parameter aktual
    Contoh:


    Keterangan : pada metode void ada simbol &(dan/and) yang berfungsi untuk mengeluarkan nilai/value yang nantinya dipanggil. Apabila variabel outputnya tidak memiliki simbol &, maka tidak akan tampil.

Sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Apabila ada yang ditanyakan dapat menghubungi di contact saya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Coding C++, Perulangan, Modular

0 komentar:

Post a Comment