Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot Terbaru 2015

Komputer yang lemot atau lamban tentunya akan sangat mengganggu ketika kita sedang menggunakannya. Kenyataannya bahwa apabila komputer yang sedang kita gunakan mengalami sebuah lemot sangat mengganggu jika kita harus menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang penting.
Berbicara masalah komputer yang lemot sudah banyak terjadi dimana-mana dan berbagai macam yang menyebabkan komputer menjadi lemot. Saya akan membagikan beberapa tips atau cara untuk meningkatkan kinerja komputer yang lemot

Sebelum kita melakukan setting pada komputer kita, sebaiknya kita mengetahui apa yang menyebabkan komputer kita menjadi lemot atau lelet. Beriku adalah daftar penyebab komputer kita menjadi lelet:
  1. Menginstal aplikasi yang terlalu banyak memakan RAM. Aplikasi yang terlalu banyak akan mimbulkan memori RAM akan terpakai terlalu banyak, terutama aplikasi yang tampil di startup yang tentunya memakai RAM yang banyak. Hal ini akan mempengaruhi kinerja untuk menjalankan aplikasi lainnya akan tersendat karena startup yang terlalu banyak. Anda dapat membuang aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau menggangu kinerja RAM dengan cara membuka Control Panel kemudian cari uninstal a program, dan pilih program yang ingin diuninstal yang tidak diinginkan
  2. Perawatan komputer yang kurang baik. Perawatan komputer yang rutin memang diperlukan, hal berguna bagi hardware yang berperan penting seperti ram dan lainnya yang perlu dibersihkan.
  3. Memori Harddisk yang sudah hampir penuh. Penggunaan memori yang sudah penuh akan berpengaruh kepada kinerja, karena komputer kita membaca data yang besar setiap kali yang diakibatkan oleh penuhnya penyimpanan di dalam komputer kita
  4. Penggunakan yang tidak baik. Disini lebih dimaksudkan kepada membuka aplikasi yang telalu banyak sehingga menyebabkan tingginya kinerja RAM yang memperpendek umur komputer kita.
  5. Komputer terdapat virus. Banyak sekali masalah tentang virus yang mampu memperlambat kinerja, karena virus tersebut ada dimana-mana dan mampu memperbanyak dirinya sendiri, sehingga virus mampu untuk membuat komputer bekerja lebih keras, dan biasanya virus tersebut berupa startup.
  6. Spesifikasi komputer yang terlalu tua. Komputer yang sudah usang/lama tentu akan kalah dengan yang keluaran baru, untuk itu usahakan aplikasi yang Anda instal harus sesuai spesifikasi minimum untuk aplikasi tersebut.
Kalau sudah di cek semua penyebabnya yang tertuliskan diatas. Ada beberapa langkah dan Tips untuk mengatasi komputer yang lemot antara lain:

  • Menghapus file sampah dengan Disk Cleanup.  File sampah juga dapat memperlambat kinerja PC Anda, karena hardsk akan penuh dan proses loading data akan lambat daripada yang biasanya. Kita seharusnya membersihkan file sampah/ yang tidak penting tersebut, sebenarnya sudah ada salah satu tools windows yang dapat membersihkan file sampah itu yaitu Disk Cleanup yang berapa di propertis. Untuk membukanya tools itu kita perlu klik kanan pada salah satu disk partisi di windows explorer, lalu klik properties, kemudian pilih Disk Cleanup yang terdapat pada tab general seperti pada gambar dibawah ini.

  • Defragmentasi harddisk. Melakukan sebuah ‘defragmentasi harddisk’ juga sangat perlu digunakan untuk mengatasi komputer yang lemot. Jika Amda pernah ketika mengalami membuka file atau program yang memakan waktu lama, bisa jadi program/file tersebut telah terfragment kedalam harddisk. File-file tersebut telah menjadi acak, tidak tersusun secara rapi karena proses adit, pindah, dan delete yang dilakukan sehingga ‘hard harddisk’ memerlukan waktu yang cukup lama untuk menemukan file tersebut.
  • Repair Registry Error. Registry error juga adalah salah satu penyebab komputer Anda menjadi lambat/lemot. Registry error dapat disebabkan oleh proses install dan uninstall software yang tidak sempurna atau cacat.
    Untuk membersihkannya Anda bisa dengan bantuan software ‘Auslogic Registry Cleaner’. Untuk mendownload aplikasi tersebut Anda dapat mengunjungi alamat resminya, Auslogics.com.
    Cara menggunakannya pun cukup mudah:
    • Tutup semua program komputer yang sedang berjalan,
    • Jalankan aplikasi Auslogics Registry Cleaner,
    • Seleksi dengan ceklis beberapa daftar registry dari program mana saja,
    • Klik ‘Scan’ lalu ‘Repair’ dan tunggu sampai proses selesai.

Sekian postingan dari saya tentang cara mengatasi komputer yang lemot, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot Terbaru 2015

0 komentar:

Post a Comment