Cara Upgrade Android Marshmallow dan Keunggulannya



Saat ini sudah muncul sebuah sistem operasi baru buatan android yaitu Android Versi 6.0 Marshmallow. Hal ini tentunya banyak orang yang ingin mengetahui apakah ponsel mereka mendapat jatah untuk bisa di update ke Android Marshmallow. Untuk saat ini, kalau Anda ingin mengupgrade OS andoid, ada beberapa langkah dan cara untuk itu. Kali ini saya akan membagi beberapa cara yang dapat dilakukan mengupgrade OS tersebut.
Langsung saja simak ulasan dibawah ini:
  1. Buka android system update Anda yang berada pada pengaturan.
  2.  Lalu tekan tombol download, lalu sistem akan mendownload upgrade versi 6.0 Marshmallow. Ukuran filenya sekitar 300 mb, jadi jika kalian setidaknya mengecek kuota terlebih dahulu sebelum mendownloadnya. hehe...
  3. Tunggu sampai proses download selesai nanti Anda akan disuruh untuk restart ponsel Anda. Dan restartlah ponsel Anda. maka android versi 6.0 MArshmallow sudah terinstal di ponsel Anda, biasanya ini memakan waktu yang cukup lama apabila Anda mempunyai banyak aplikasi yang terinstal.

 Selamat android Anda sudah terupgrade ke Android 6.0 Marshmallow


Beberapa fitur tambahan yang didapat ketika Anda upgrade ke Android 6.0 Marshmallow :


1. Modus ‘Doze’

Kelebihan yang terdapat pada Android Marshmallow adalah android marshmallow memiliki modus "Doze", adalah sebuah teknologi terbaru android yang dapat memperkecil konsumsi penggunaan daya baterai ketika smarpthone OS Android berada pada kondisi standby atau nama lain mode sleep. Cara kerja fitur ini tidak berbeda dengan fitur-fitur penghemat baterai seperti yang dimiliki oleh smartphone Sony, Huawei, dan Samsung, dengan cara menonaktifkan sebagain besar aplikasi yang berada pada backgroud. Terbukti bahwa Modus Doze sangat efektif dalam penghematan daya baterai pada Android Marshmallow, dan untuk mengaktifkannya cukup mudah, hanya dengan melakukan pengaturan ke pada menu setting.

2. Sensor Sidik Jari

Walaupun banyak smartphone yang sudah dibekali sensor sidik jari, Google belum melakukan standarisasi untuk dukungan terhadap sensor sidik jari pada android. Alhasil dengan itu setiap smartphone yang memakai fitur sidik jari memiliki spesifikasi dan kemampuan yang berbeda-beda. Namun dengan hadirnya fitur tersebut pada Android Marsmallow, diharapkan untuk semua jenis smartphone yang memberikan standarisasi pemindai sidik jari siap mengoptimalkan keamanan fitur Android Pay dan data-data yang tersimpan pada Smartphone Android termasuk juga data yang penting yang tersimpan pada Smartphone pengguna.

3. Dukungan USB Type C

Android Marshmallow memiliki tambahan fitur USB Type C yang merupakan konektor terbaru dari android, usb konektor ini masih sedikit diterapkan oleh perangkat smartphone Android, seperti merk OnePlus 2 dan juga Lenovo Zuk Z1. Yang paling menarik adalah USB Type-C sudah didukung sepenuhnya dan diterapkan pada sistem operasi 6.0 Android Marshmallow, sehingga fitur ini dapat memungkinkan pengguna mengisi baterai 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan memakai konektor usb biasa. Selain itu,
Andorid 6.0 Android Marshmallow dapat mengisi smartphone lain pada waktu yang bersamaan, atau dapat dikatakan memiliki fungsi powerbank.

4. Auto Backup Aplikasi

Android Marshmallow juga memiliki fitur terbaru yaitu fitur Auto Backup yang memungkinkan smartphone untuk menyimpan data dan settingan dari aplikasi Android ataupun game ke Google Drive. Itu berarti bahwa saat pengguna melakukan hard riset atau akan mengganti smartphone lama dengan baru, maka aplikasi dan game yang sebelumnya sudah terpasang pada smartphone lama akan kembali bisa dipakai lengkap dengan settingannya, dengan cara sign-in ke akun Google.

5. Google Now on Tap

Sudah tidak asing pagi aplikasi Google Now. Merupakan aplikasi yang siap memberikan beragam informasi melalui perintah suara, kini pengguna bisa mengaktifkan dengan cara menekan tombol "home" beberapa saat, lalu secara otomatis Anda bisa langsung melakukan perintah suara untuk melakukan pencarian informasi.

6. Android Pay

Kelebihan Android Marshmallow lainnya adalah pada fitur Google untuk bersaing dengan Apple, yaitu fitur Android Pay. Teknologi pembayaran yang dilakukan dengan cara digital yang memanfaatkan koneksi Near field communication (NFC) itu telah sepenuhnya berjalan dan lancar pada sistem operasi Android V6.0 Marshmallow, dan fitur ini siap untuk berasing melawan fitur pada Apple Pay yang terlebih dahulu sudah di pubilkasikan oleh pihak Apple. Kabarnya, Android Pay sudah siap diluncurkan untuk di beberapa negara Asia Tenggara, dan tidak menutup kemungkinan bahwa akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

7. App Permissions

Android 6.0 Marshmallow juga memiliki fitur “App Permision” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengatura pada ijin sebuah aplikasi yang terpasang pada Smartphone atau yang akan dipasang. dengan cara menekan tombol yang akan tampil yaitu “Allow” atau “Deny”. Fitur ini juga mempermudah para pengguna dalam mengatur aplikasi yang sedang berjalan pada background processor, sehingga akan maminimalisir kebutuhan memori RAM yang sedang digunakan.

Itulah beberapa fitur tambahan yang berada pada Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow. Memang pihak Android sendiri selalu meluncurkan hal hal yang baru yang mampu memikat pengguna untuk selalu memakai sistem operasi Android. Sekian artikel dari saya, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Upgrade Android Marshmallow dan Keunggulannya

1 komentar: