Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Dan Tidak Bisa Di Format Tanpa Software



Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang dapat menyimpan data digital. Dengan menggunakan flashdisk kita akan dipermudah untuk memindahkan suatu data ke kompuer lain. Flashdisk yang terdapat dipasaran setiap tahun mengalami generasi yang hebat, entah dari segi penampilan dan kapasitas memori yang ditawarkan. Namun kadang kala ada orang yang iseng entah kenapa menaruh atau menyebarkan virus ke flashdisk. Nah.. untuk menghilangkan virus secara keseluruhan, maka flashdisk biasanya di format ulang supaya bersih dari berbagai virus data.
Seletah flashdisk di format ulang maka akan bersih tanpa isi beserta virusnya akan hilang, Bagaimana kalau flashdisk itu tidak bisa diformat? apal yang salah dengan flashdisk itu? Saya akan membantu Anda yang kesulitan karena flashdisk Anda tidak dapat diformat ulang. Untuk itu ikutilah langkah-langkah dibawah ini dengan baik:
Sebelum kita melakukan pemecahan masalah ini. Ada baiknya Anda mencoba dengan menformat flashdisk Anda dengan PC lain. Kalau dengan cara itu belum berhasil maka kita akan menformat melalui cara lain, Dengan sistem operasi windows 7,8,10. Disini saya mencontohkan menggunakan windows 10. Berikut ini adalah caranya:

  1. Masukkan Flashdisk ke dalam port USB yang berada pada komputer Anda
  2. Tekan tombol windows+r
  3. Setelah sudah  masuk ke tampilan Run lalu ketikkan "compmgmt.msc" tanpa tanda petik.
  4. Setelah itu akan muncul “computer management" seperti pada gambar berikut :
  5. Kemudian pilih storege, setelah itu pilih disk management.
  6. Di sini flashdisk Anda akan terdeteksi.
  7. Jika flashdisk Anda terdeteksi maka selanjutnya klik kanan pada flashdisk Anda yang sudah terdeteksi tersebut.
  8. Lalu pilih "create partition".
  9. Lalu klik kanan pilih "format".
  10. Anda sudah berhasil memformat flashdisk Anda.
Biasanya sebuah flashdisk yang tidak dapat di format dikarenakan terdapat write protection di dalamnya. Untuk itu kita harus menghapusnya terlebih dahulu sebelum melakukan format. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Tekan tombol Window + R.
  2. Ketikkan "regedit" tanpa tanda petik kemudian tekan enter.
  3. Kemudian akan muncul kotak dialog baru, dan tekan Ctrl+F.

  4. Ketikkan tulisan berikut "write protected" (tanpa tanda petik) pada kotak searching yang sudah muncul, pilih Find Next dan segera hapus jika sudah menemukan keterangan write protected. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada file yang sudah keluar maka akan muncul pesan hapus.
  5. Jika muncul dialog untuk melakukan konfirmasi tekan Oke untuk menyetujui
  6. Write protected telah terhapus kodenya dan flashdisk akan kembali ke kondisi semula.
  7. Langkah terakhir close dialog Registri Editor, cabut flashdisk kemudian restart komputer Anda.
  8. Setelah Anda mengikuti semua langkah diatas, maka flashdisk Anda akan kembali seperti semula dan dapat digunakan seperti biasa, Selemat.

Sekian Artikel dari saya tentang cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi dan tidak bisa di format tanpa software. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang kesulitan untuk menformat flashdisk Anda, dan terimakasih sudah berkunjung di blog saya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi Dan Tidak Bisa Di Format Tanpa Software

0 komentar:

Post a Comment